Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Publik Jakarta Belum Memuaskan, Ini Jawaban Jokowi

Kompas.com - 27/03/2013, 20:51 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji akan segera membenahi pelayanan publik di Jakarta. Ia minta meminta waktu untuk melakukan pembenahan itu.

Jokowi mengatakan itu menanggapi pertanyaan wartawan mengenai penilaian yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Citra Pelayanan Prima 2012. Provinsi DKI Jakarta hanya meraih predikat CC untuk pelayanan publik. Pelayanan publik terbaik diraih Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kedua provinsi meraih predikat B, artinya sudah baik dalam pelayanan publik.

"Pelayanan apa? Orang baru sehari dua hari sudah memuaskan. Semua akan dibenahi, dimulai dengan sistem-sistem online," kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Citra Pelayanan Prima adalah penilaian terhadap kinerja unit penyelenggara pelayanan. Kegiatan penilaian ini adalah kegiatan lanjutan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya, namun baru sebatas penilaian terhadap kinerja Kabupaten/Kota saja. Pada tahun 2012 penilaian dilakukan untuk pemerintah provinsi. 

Berikut indikator penilaian yang dilakukan: AA = Memuaskan, A = Sangat Baik, B = Baik, CC = Cukup, C = Kurang dan D = Sangat Kurang.

Jokowi mengaku banyak undangan untuk menerima penghargaan tentang pelayanan publik dari berbagai pihak. Namun dengan alasan jam kerja yang padat, Jokowi meminta Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk mewakilinya menerima penghargaan-penghargaan itu.

"Penghargaannya apa saya enggak tahu. Itu Pak Ahok (Basuki) yang mewakili," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com