Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota DPRD Pamekasan Sering Bolos

Kompas.com - 25/03/2013, 11:38 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Aktivitas anggota DPRD Pamekasan menunjukkan penurunan yang cukup signifikan, khususnya menyangkut kedisiplinan dan tingkat kehadiran pada kegiatan DPRD, kegiatan komisi, rapat-rapat Pansus dan sidang paripurna. Kegiatan tersebut hanya diikuti oleh sebagian anggota DPRD saja.

Oleh sebab itu, Badan Kehormatan (BK) DPRD Pamekasan mengirimkan teguran tertulis kepada sejumlah anggota yang dalam catatan BK kurang aktif. Boy Suhari Sajidin, Ketua BK DPRD Pamekasan mengatakan, berdasarkan Tata Tertib DPRD Pamekasan yang mengatur tugas dan tanggungjawab anggota DPRD, setiap anggota DPRD wajib hadir secara fisik pada setiap kegiatan.

"Kami mencatat sejak bulan Februari sampai sekarang ada beberapa anggota yang kurang aktif datang ke kegiatan dewan. Mereka patut kita ingatkan," katanya, Senin (25/3/2013).

Peringatan itu, kata Boy, diharapkan para anggota DPRD Pamekasan bisa meningkatkan aktivitasnya dalam rapat komisi, pansus, alat kelengkapan DPRD dan sidang paripurna DPRD.

"Kalau setiap rapat-rapat komisi dan alat kelengkapan dewan lainnya tidak dihadiri anggotanya, maka bisa saja produk kebijakannya tidak maksimal. Itu yang harus dihindari," imbuh Boy.

Boy mengaku tidak mengetahui pasti penyebab atau alasan merosotnya tingkat aktivitas para wakil rakyat itu. Yang jelas, ujar Boy, dalam tingkat kehadiran anggota Dewan hampir dipastikan tidak mencapai 100 persen. 

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, BK akan terus memantau semua kegiatan anggota DPRD Pamekasan, karena hal itu merupakan kewajiban dan tugas badan tersebut. Namun Boy enggan untuk menyebutkan nama-nama anggota dewan yang aktivitasnya menurun drastis. Hal itu menyangkut internal anggota DPRD sendiri.

Menyikapi hal itu, Koordinator Lembaga Kajian dan Advokasi Rakyat (LekRa) Madura Fauzi mengatakan, seharusnya menjelang Pemilu 2014 para wakil rakyat semakin giat menjalankan antivitasnya di DPRD sebab hal itu akan mendongkrak kepercayaan rakyat kepada wakilnya.

"Kalau sekarang saja sudah malas apalagi nanti setelah Pemilu semakin dekat. Maka akan banyak wakil rakyat yang mengabaikan tugasnya karena sibuk dengan kampanye," ujar Fauzi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com