Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Besar Diganti Baksos, Polisi Tetap Siaga

Kompas.com - 25/03/2013, 11:18 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto menegaskan, pihaknya hanya menerima izin dari Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia (MKRI) yang akan menggelar bakti sosial di halaman kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Jalan Diponegoro, Senin (25/3/2013).

Meski tidak ada izin demo besar, kepolisian tetap melakukan siaga di sejumlah titik untuk antisipasi.

"Kita tidak boleh underestimate, isunya tetap berat. Kita tetap tempatkan personel di DPR, Bundaran HI, Monas, dan di beberapa titik. Kita tetap gelar pasukan di lokasi tersebut," kata Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2013).

Rikwanto menjelaskan, kepolisian telah siap mengamankan aksi unjuk rasa dengan mengerahkan 12.319 personel yang tersebar di sejumlah titik.

Sebab, sebelumnya telah ramai diberitakan bahwa MKRI akan menggelar demo besar untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Isu kudeta pun mencuat ke publik.

"Sampai batas waktu H-1 kita yakinkan akan berlangsung (demo). Namun, kemarin sore pukul 18.00 kita dapat pemberitahuan, isinya akan ada kegiatan bakti sosial," terangnya.

Dia menjelaskan, MKRI telah izin mendatangkan 3.000 orang yang akan menerima sembako. Aksi bakti sosial akan berlangsung pada pukul 13.00. Namun, aksi bakti sosial, terang Rikwanto, akan diselingi orasi dan acara musik. Kepolisian akan mengerahkan 400 personel di kawasan YBLHI.

"Di lapangan ada persiapan. Kalau perlu kita tugaskan polwan di Jakarta Pusat untuk membantu panitianya membagikan sembako," kata Rikwanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com