Kompas.com - 22/03/2013, 19:09 WIB
EditorKistyarini

BANDUNG, KOMPAS.com — Selama menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Setyabudi Tejocahyono pernah menangani perkara tindak pidana korupsi (tipikor). Seperti diberitakan, Setyabudi ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga menerima suap dari perkara yang ditanganinya, Jumat (22/3/2013).

"Untuk kasus terakhir yang ditanganinya, saya tidak tahu, namun perkara terakhir yang ditangani banyak sekali di antaranya ada perkara umum, khusus, perdata, tipikor juga ada," kata Humas Pengadilan Negeri (PN) Bandung Djoko Indiarto di Bandung, Jumat.

Djoko mengatakan, seusai ditangkap oleh KPK, sesuai prosedur, Setyabudi akan dibawa langsung ke Badan Pengawasan Mahkamah Agung. "Tadi itu dari KPK ada, lalu dari Pengadilan Tinggi dan dari MA juga ada. Begitu ada hakim yang tertangkap akan langsung ke Badan Pengawasan MA," ujar Djoko.

Dikatakannya, karena Setyabudi ditangkap oleh KPK, secara otomatis, semua perkara hukum yang ditangani oleh yang bersangkutan akan diambil alih oleh ketua. "Ketua akan diberikan tanggung jawab mengadili kepada salah satu hakim yang ada," ujar dia.

Selama berkiprah di Pengadilan Negeri Bandung, Setyabudi pernah memberikan vonis bebas terhadap Inggrid Gunawan, terdakwa perkara penembakan bos sekuriti Red Guard, Husein Komara, pada 5 Februari 2012.

Selain itu, dalam perkara korupsi dana bansos Pemkot Bandung, Setyabudi memberikan vonis satu tahun terhadap tujuh terdakwa perkara bansos.

Vonis ini jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan tuntutan dari jaksa penuntut umum yang menuntut ketujuh terdakwa dengan hukuman penjara tiga dan empat tahun penjara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.