Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuih, Tagihan Utang Batavia Air Rp 2,5 Triliun!

Kompas.com - 22/03/2013, 13:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurator PT Metro Batavia (Batavia Air) mencatat total tagihan utang kepada maskapai penerbangan tersebut mencapai Rp 2,54 triliun. Utang tersebut merupakan akumulasi tagihan para kreditor yang melaporkan ke pihak kurator.

Andra Reinhard, salah satu kurator Batavia Air menjelaskan, total utang Batavia Air yang sebesar Rp 2,54 triliun tersebut berasal dari empat jenis kreditor. Rinciannya utang dari kreditor konkuren sebesar Rp 1,47 triliun, utang kreditor istimewa sebesar Rp 519,68 miliar, utang kreditor separatis sebesar Rp 466 miliar, dan utang kreditur konkuren khusus agen dan tiket Rp 84,56 miliar.

"Utang tersebut yang diajukan pihak kreditur ke kami selama proses pendaftaran dan belum kami verifikasi," ujar Andra dalam rapat kreditor Batavia Air di Gedung City Walk Sudirman, Jakarta, Jumat (22/3/2013).

Adapun yang termasuk dalam kreditur separatis adalah pihak bank. Kreditur preferen adalah karyawan dan tagihan pajak. Sedangkan para pemegang tiket, agen travel, dan vendor, masuk dalam kelompok kreditur konkuren.

Sebagai informasi, pada rapat kreditur sebelumnya yang diadakan pada 15 Februari lalu di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, sebagai debitur, Batavia Air menyampaikan bahwa total utang mereka sebesar Rp 900 miliar. (Oginawa R Prayogo/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com