Kompas.com - 19/03/2013, 09:49 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

JAKARTA, KOMPAS.com-  Nilai tukar rupiah terus didera pelemahan atas mata uang dollar AS. Lelang surat berharga syariah negara pada Selasa (19/3/2013) ini diharapkan dapat menopang rupiah dari pelemahan lebih lanjut.

Di akhir perdagangan Senin (18/3/2013), rupiah ditutup melemah di level Rp 9.711 per dollar AS dari saat dibuka di level Rp 9.700 per dollar AS. Rupiah bergerak di kisaran Rp 9.700-9.715 per dollar AS.

Aksi ambil untung kembali terjadi di bursa saham domestik kemarin. Hal itu berdampak pada tertekannya rupiah menjelang penutupan. Riset BNI Treasury memerkirakan hari ini rupiah berpotensi bergerak dengan kecenderungan konsolidasi melemah kembali.

Sentimen negatif dari global khususnya terkait kondisi di Eropa (Siprus) diperkirakan akan mengeskalasi dollar AS sebagai safe-haven currency.

Bank Indonesia diproyeksikan akan terus mengawasi pergerakan nilai tukar rupiah hari ini. Pemerintah (DJPU) akan mengadakan lelang SBSN hari ini dengan target Rp 1,5 triliun. Hal itu diharapkan akan berdampak positif menahan pelemahan rupiah hari ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.