Kandidat Presiden Bersiap Menuju Pemilu

Kompas.com - 19/03/2013, 02:50 WIB
Editor

Caracas, Kompas - Para pendukung mantan Presiden Venezuela Hugo Chavez hingga hari Minggu (17/3) waktu setempat masih berdatangan dan mengantre untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang pemimpin mereka.

Sementara itu, kandidat presiden yang akan bersaing dalam pemilihan presiden 14 April mulai melakukan pemanasan kampanye. Padahal, Penjabat Presiden Nicolas Maduro telah menyatakan bahwa masa kampanye resmi baru akan digelar 2-11 April mendatang.

Demikian dilaporkan wartawan Kompas Diah Marsidi dari Caracas, Venezuela.

Jasad Chavez sejak Jumat pekan lalu telah berada di tempat peristirahatan terakhir di ruang La Flor de Los Cuatro Elementos (Bunga Empat Unsur) di Museum Militer 4 Februari di kawasan 23 Enero, Caracas. Di lokasi tersebut, antrean panjang para pendukungnya masih terlihat hingga Minggu.

Sementara itu, kawasan Paseo Los Proceres, tempat Akademi Militer Venezuela berada dan menjadi tempat persemayaman jenazah Chavez selama 10 hari, telah kembali normal.

Perlindungan kandidat

Dua kandidat presiden pengganti Chavez pun mulai melakukan pemanasan kampanye setelah masa berkabung selesai. Maduro mengatakan, dia adalah orang pertama yang menjamin hak-hak para kandidat, terutama kandidat dari oposisi, Henrique Capriles Radonski.

”Saya telah memerintahkan perlindungan kepada semua kandidat presiden, terutama dia (Capriles), tetapi dia menolaknya secara terbuka, karena ini merupakan bagian dari rencana kudeta,” kata Maduro.

Menurut Maduro, CIA dan Pentagon hendak membunuh Capriles dan kemudian menyalahkan Pemerintah Venezuela sebagai pelakunya sebagai upaya mengacaukan situasi sebelum pemilu.

Sementara Capriles merasa yakin punya peluang besar memenangi pemilu kali ini. Pada pemilu tahun lalu, Capriles mendapat 45 persen suara, kalah dari Chavez yang mendapat 55 persen.

Kali ini Capriles menjadi calon tunggal koalisi kelompok oposisi dengan bendera Mesa de la Unidad Democratica (MUD).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.