Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capres Harus Tampil Beda untuk Menarik Pemilih Pemula

Kompas.com - 16/03/2013, 18:55 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertarungan dalam merebut dominasi suara para pemilih pemula di Pemilihan Umum 2014 dapat ditentukan mulai saat ini. Pengamat komunikasi politik Universitas Indonesia, Effendi Ghazali, mengatakan, sesuai dengan rentang usia pemilih pemula, cara-cara memikatnya juga harus dibedakan dari cara-cara kampanye yang kuno.

Menurut Effendi, para calon yang akan bertarung nanti, khususnya calon presiden, harus berani tampil beda demi mengenalkan sisi positifnya kepada para pemilih pemula ini. "Kalau ada sosok capres yang terkenal galak, coba tampil dengan gaya lain. Hhumor, misalnya, supaya pemilih tahu dan supaya anggapan buruk bisa dipatahkan," kata Effendi dalam Pelatihan Nasional Kominfo Tidar di Jakarta Pusat, Sabtu (16/3/2013).

Effendi mengatakan, untuk memberikan hasil optimal, para capres juga dapat memanfaatkan peran media dalam merangkul para pemilih pemula. Ia menilai, cara-cara tampil di media dengan kemasan yang lebih segar sangat berperan di dalamnya. Tentunya hal itu mesti dilakukan dengan mengambil karakter positif yang bisa menjadi umpan bagi pemilih untuk memberikan suaranya.

"Enggak ada calon yang sempurna. Tapi kita bisa tampilkan dengan berbeda dan meyakinkan. Kuasai isu dan cara mengemasnya," ujar Effendi.

Jumlah pemilih pemula pada Pemilu 2014 diperkirakan sebanyak 40 juta jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com