Kompas.com - 13/03/2013, 15:56 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno menegaskan, jajaran Kepolisian Polda Metro Jaya akan menindak tegas praktik premanisme di Jakarta. Dukungan kekuatan politik yang membantu keberadaan premanisme tidak akan membuat upaya tersebut kendur.

"Polisi tidak boleh gentar sama siapa pun, yang melanggar hukum ya kita proses penegakan hukumnya," tegas Kapolda Irjen Putut di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (13/3/2013).

Hal itu ditegaskan Kapolda menjawab pertanyaan wartawan seputar dukungan dari partai politik bagi Hercules Rozario Marcal dan teman-temannya. Putut menandaskan, selama dirinya masih menjabat Kapolda Metro Jaya, langkah pemberantasan premanisme akan terus digalakkan.

"Untuk seluruh jajaran akan melakukan kegiatan ini, operasi premanisme, selama saya di sini. Sudah banyak dilakukan penangkapan (preman), yang lakukan pelanggaran kita proses hukum, yang tidak, akan dibina," kata Putut.

Hercules dan 50 rekannya ditangkap petugas Polda Metro Jaya lantaran melakukan tindakan melawan petugas kepolisian dan kepemilikan senjata api. Ada juga dugaan pemerasan yang dilakukan kelompok tersebut terhadap pengembang pertokoan Tjakra Multi Strategi, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat.

Hercules adalah Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB) yang berafiliasi dengan partai politik tertentu. Partai politik tersebut telah menyatakan akan memberikan bantuan hukum kepada Hercules dkk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.