Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Rokatenda Terima Bantuan Dana Kemanusiaan Kompas

Kompas.com - 13/03/2013, 12:55 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

MAUMERE, KOMPAS.com - Ratusan pengungsi Rokatenda di Maumere, NTT, menerima bantuan bahan kebutuhan pokok dari sumbangan pembaca Kompas melalui Dana Kemanusiaa Kompas. Para pengungsi ini terharu bahkan meneteskan air mata saat menerima bantuan yang disalurkan langsung wartawan Kompas di lapangan.

Bantuan itu diprioritaskan pada 40-an titik pengungsi yang tersebar di pemukiman padat penduduk. Mereka memanfaatkan rumah kosong, rumah kos anak sekolah, dan rumah-rumah warga Palue di Maumere yang tidak dipakai. Bantuan didistribusikan di setiap titik berupa beras, minyak goreng, ikan kering, susu kaleng kental, teh, gula pasir dan kopi.

"Ini bantuan bersifat darurat, yang diprioritaskan mengatasi kesulitan bahan makanan saat ini. Sebagian besar pengungsi yang tersebar di pemukiman penduduk sejak tiga bulan ini tidak dapat bantuan sama sekali dari pemerintah kecuali dari pastor Vande,"kata Kornelils Kewa Ama, wartawan Kompas yang menyerahkan bantuan langsung kepada pengungsi.

Kompas dibantu pastor Marcel Vande SVD yang selama ini menangangi pengungsi di Maumere. Pastor kemanusiaan ini mengunjungi pengungsi membawa bantuan apa adanya bagi pengungsi seperti pisang, ubi, jagung, kelapa kering dan sayur mayur serta ikan kering.

Pengamatan di lapangan, pengungsi di Posko Transito cukup terbantu karena ditangani langsung pemda. Beras dan air bersih cukup tersedia, kecuali lauk pauk dan sayur serta kebutuhan lainnya. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sikka Yohanes Berekhamans mengatakan, pemerintah juga sudah berbuat banyak untuk pengungsi. Masalahnya, mereka tersebar di rumah-rumah penduduk sehingga sulit dijangkaui, kecuali terfokus di Posko Transito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com