Kompas.com - 13/03/2013, 12:55 WIB
|
EditorRusdi Amral

MAUMERE, KOMPAS.com - Ratusan pengungsi Rokatenda di Maumere, NTT, menerima bantuan bahan kebutuhan pokok dari sumbangan pembaca Kompas melalui Dana Kemanusiaa Kompas. Para pengungsi ini terharu bahkan meneteskan air mata saat menerima bantuan yang disalurkan langsung wartawan Kompas di lapangan.

Bantuan itu diprioritaskan pada 40-an titik pengungsi yang tersebar di pemukiman padat penduduk. Mereka memanfaatkan rumah kosong, rumah kos anak sekolah, dan rumah-rumah warga Palue di Maumere yang tidak dipakai. Bantuan didistribusikan di setiap titik berupa beras, minyak goreng, ikan kering, susu kaleng kental, teh, gula pasir dan kopi.

"Ini bantuan bersifat darurat, yang diprioritaskan mengatasi kesulitan bahan makanan saat ini. Sebagian besar pengungsi yang tersebar di pemukiman penduduk sejak tiga bulan ini tidak dapat bantuan sama sekali dari pemerintah kecuali dari pastor Vande,"kata Kornelils Kewa Ama, wartawan Kompas yang menyerahkan bantuan langsung kepada pengungsi.

Kompas dibantu pastor Marcel Vande SVD yang selama ini menangangi pengungsi di Maumere. Pastor kemanusiaan ini mengunjungi pengungsi membawa bantuan apa adanya bagi pengungsi seperti pisang, ubi, jagung, kelapa kering dan sayur mayur serta ikan kering.

Pengamatan di lapangan, pengungsi di Posko Transito cukup terbantu karena ditangani langsung pemda. Beras dan air bersih cukup tersedia, kecuali lauk pauk dan sayur serta kebutuhan lainnya. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sikka Yohanes Berekhamans mengatakan, pemerintah juga sudah berbuat banyak untuk pengungsi. Masalahnya, mereka tersebar di rumah-rumah penduduk sehingga sulit dijangkaui, kecuali terfokus di Posko Transito.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.