Waspadai 8 Makanan Bernatrium Tinggi Ini

Kompas.com - 12/03/2013, 20:10 WIB

KOMPAS.com - Konsumsi garam berlebih telah dikaitkan dengan berbagai risiko kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Namun seringkali kadar garam tinggi tidak disadari dalam beberapa makanan.

Konsumsi garam yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 2.400 mg perhari, dan bagi orang yang berrisiko tinggi angka ini menjadi semakin kecil yaitu 1.500 mg perhari. Bayangkan jika setiap makanan yang Anda makan mengandung sekitar 300 mg garam, mungkinkah Anda melebihi batas yang direkomendasikan?

Nah, agar tidak terkecoh dengan makanan berkadar garam tinggi, ada baiknya Anda mewaspadai beberapa jenis makanan berikut.

1. Roti

Roti memang tidak terasa asin, namun ternyata memiliki kadar sodium (natrium) yang tinggi. Roti gandum utuh adalah jenis roti yang paling baik karena mengandung kadar garam paling rendah.

2. Makanan beku

Daging olahan seperti sosis dan nugget memiliki kadar garam yang tinggi. Jumlah sodium pada jenis makanan ini dapat sangat bervariasi. Beberapa di antaranya dapat mencapai 500 mg persajian.

3. Dressing pada salad

Salad yang berisi sayur-sayuran terkesan sehat, namun ketika disajikan dengan dressing, kadar sodium dalam makanan ini menjadi meningkat. Satu sendok dressing dapat mengandung 214 mg sodium.

4.Sereal

Jenis sereal tertentu seperti corn flake memiliki kandungan sodium sekitar 300 mg per mangkuk kecil. Padahal ketika makan sereal, orang seringkali tidak hanya memakan satu mangkuk kecil saja.

5. Kacang kalengan

Satu mangkuk kecil kacang kalengan mengandung sekitar 1.008 mg sodium yang hampir mencukupi setengah dari batas harian sodium yang direkomendasikan.

6. Saus spaghetti

Rata-rata saus spaghetti instan bisa mengandung 1.000 mg sodium. Maka bijaklah saat memasak pasta, sebaiknya Anda mengolah sendiri saus spaghetti karena akan signifikan mengurangi kandungan sodiumnya.

7. Minuman bersoda rendah kalori

Minuman ini memang lebih rendah kalori dibandingkan dengan minuman bersoda biasa, namun kandungan sodiumnya lebih tinggi. Terdapat 28 mg sodium di dalam 350 ml minuman soda rendah kalori, sedangkan untuk minuman soda biasa hanya 15 mg.

8. Sup kalengan

Satu kaleng sup dapat mengandung 1.106 mg sodium. Apabila Anda harus memilih sup kalengan, maka pilihlah yang berlabel "rendah sodium".

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorAsep Candra
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X