Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Rokatenda Butuh Bantuan

Kompas.com - 11/03/2013, 20:57 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com- Pengungsi korban letusan Gunung Rokatenda di Maumere butuh bantuan mendesak, terutama mereka yang menetap di tengan pemukiman warga. Pengungsi yang terhimpun di Transito Pemkab Sikka relatif mendapat pelayanan dasar berupa beras dan air bersih, meski jumlahnya terbatas.

Pantauan Kompas di sejumlah titik pengungsian bersama Pastor Marcel Vande Raring SVD dari Justice and Peace and Integrity of Creation, para pengungsi tampak menangis. "Kami terharu melihat pastor datang membawa apa saja membantu kami. Tapi pemerintah tidak pernah kelihatan. Sejak Desember sampai Maret ini, kami tidak pernah dapat bantuan pemerintah kecuali dari pastor Vande,"kata Mama Maria Lunu (56), pengungsi Rokatenda dari desa Nitunglea, Palue, NTT di Maumere, Senin (11/3/2013).

Saat itu pastor Vande membawa dua karung beras masing masing 18 kg bagi 15 pengungsi di tempat penampungan di Kelurahan Ngameting, Maumere. Lunu dengan air mata berlinang mengatakan, di rumah pengungsian milik Remigius Wahe, mereka sangat kesulitan makanan.Wahe sendiri seorang pengangguran, tidak punya pekerjaan.

Mereka ingin ke tempat penampungan transito milik pemerintah, tetapi kapasitas tempat itu sangat terbatas. Di sana sudah tertampung 142 orang.

Kompas pun segera memberi bantuan berupa bahan kebutuhan dasar kepada pengungsi ini melalui Dana Kemanusiaan Kompas, sumbangan dari pembaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com