Kompas.com - 11/03/2013, 17:17 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Pekerja di pertokoan milik PT Tjakra Multi Strategi mengaku sering mengalami pemerasan oleh anak buah Hercules Rozario Marcal. Mereka sering dimintai uang, bahkan ditonjok.

"Yang kerja di sini jarang yang kuat lebih dari empat bulan. Kalau yang enggak kuat dipalak dan ditonjok pasti cepat berhentinya," kata salah seorang pekerja di pertokoan PT Tjakra Multi Strategi pada Senin (11/3/2013).

Dia mengungkapkan, salah satu temannya sempat ditonjok sampai giginya copot oleh anak buah Hercules. Mereka juga sering mengambil material di pertokoan tersebut. Jika material tidak diberikan, mereka akan melakukan kekerasan terhadap para pekerja.

Pekerja yang enggan disebutkan namanya tersebut mengatakan, teman-temannya merasa tenang karena anak buah Hercules telah ditahan. Namun, mereka merasa lebih khawatir jika anak buah Hercules kembali dan lepas dari penjara.

Sampai saat ini, katanya, terdapat empat ruko yang pembangunannya dihentikan paksa oleh Hercules. Pembangunan keempat ruko tersebut belum dilanjutkan karena pihak pengembang juga belum memerintahkan untuk melanjutkan setelah dihentikan oleh Hercules.

Hercules yang juga Ketua Umum Gerakan Rakyat Indonesia Baru itu dijerat dengan pasal berlapis. Dia terancam dijerat Pasal 160 KUHP tentang Penghasutan, Pasal 214 KUHP karena Melawan Petugas, Pasal 170 KUHP tentang Perusakan, dan Pasal 368 KUHP tentang Pemerasan.

Hercules juga dikenakan pasal menyimpan senjata api berjenis FM buatan Pindad berikut 27 butir peluru dengan dua magasin yang ditemukan petugas di kediaman Hercules saat dilakukannya penggeledahan pada Jumat (8/3/2013) malam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.