Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al-Qaeda Pastikan Abou Zeid Tewas di Mali

Kompas.com - 04/03/2013, 19:42 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Kelompok Al-Qaeda, Senin (4/3/2013), memastikan bahwa pemimpin Al-Qaeda di Kawasan Magribi (AQIM), Abdelhamid Abou Zeid tewas akibat serangan udara pasukan Perancis di Pegunungan Ifoghas, Mali.

Namun, AQIM bersikukuh pimpinan Al-Qaeda lainnya Mokhtar Belmokhtar, masih hidup dan terus berjuang. Sebelumnya, pasukan Chad yang membantu Mali melawan pemberontak Islam mengklaim telah menewaskan Belmokhtar.

Kepastian kematian Abou Zeid juga diperoleh dari seorang petinggi militer Perancis yang mengklaim intervensi militer negara itu pada Januari 2011 kini telah berhasil mematahkan tulang punggung pemberontak dan sekutunya di Mali.

Namun, kabar ini juga menimbulkan kekhawatiran bahwa empat warga Perancis yang masih disandera akan digunakan sebagai perisai hidup sebagai pembalasan atas kematian Abou Zeid.

Panglima Angkatan Bersenjata Perancis Laksamana Edouard Guillaud meyakini Abou Zaid adalah orang yang menahan keempat warga Perancis itu.

"Kami belum tahu lokasi para sandera. Kami kira sandera tidak di sana (lokasi seranan udara Perancis)," ujar Guillaud.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com