Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Nyaman dengan "Indirect Lighting"

Kompas.com - 04/03/2013, 16:10 WIB

KOMPAS.com - Menata lampu sebagai bagian dari sistem pencahayaan merupakan hal penting. Efeknya yang berbeda tergantung penataannya. Salah satunya adalah sistem pencahayaan tidak langsung pada ruangan.

Ada beberapa sistem pencahayaan untuk di ruangan. Jika Anda berpikiran untuk meminimalisir intensitas cahaya agar tidak terlalu silau dan mengurangi bayangan yang tidak perlu, maka Anda dapat menggunakan sistem pencahayaan tidak langsung atau indirect lighting.

Sistem pencahayaan tidak langsung maksudnya adalah 90 persen sampai 100 persen cahaya diarahkan ke langit-langit atau dinding bagian atas kemudian dipantulkan untuk menerangi seluruh ruangan. Kekurangannya adalah efisiensi cahaya total dari sumber cahaya yang jatuh pada permukaan benda akan berkurang, sementara untuk kelebihannya adalah tidak menimbulkan silau dan bayangan sehingga lebih nyaman.

Pencahayaan jenis ini cocok untuk diterapkan pada ruangan yang tidak membutuhkan intensitas cahaya terlalu terang, seperti kamar tidur dan ruang kerja. Yang dibutuhkan adalah cahaya yang dapat memberikan kenyamanan pada mata Anda selama beraktivitas dan indirect light bisa jadi solusinya. (Sumber: forum.ideaonline.co.id/Febrina Syaifullana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com