Kompas.com - 27/02/2013, 15:17 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Director of Commercial Banking HSBC Indonesia Amanda Murphy menjelaskan, komoditas masih akan menjadi kontributor ekspor terbesar dari Indonesia meski saat ini harga komoditas dunia sedang mengalami penurunan.

"Komoditas seperti crude palm oil (CPO) dan karet akan menjadi ekspor tertinggi dari Indonesia. Komoditas ini akan mengontribusikan sekitar 20 persen dari total ekspor Indonesia hingga 2030," kata Amanda di kantor HSCB Jakarta, Rabu (27/2/2013).

Selain dua komoditas tersebut, ekspor Indonesia akan didominasi seperti komoditas berupa bahan bakar minyak (21 persen), lemak hewani dan lemak nabati (11 persen), tekstil (10 persen), gas (8 persen), mesin (5 persen), transportasi (3 persen), serta peralatan IT (3 persen).

Amanda menegaskan, negara tujuan ekspor dari Indonesia ini, antara lain, India (19 persen), Korea (18 persen), China (17 persen), Vietnam (15 persen),  Arab Saudi (15 persen), Turki (15 persen), Malaysia (14 persen), Mesir (14 persen), Irlandia (13 persen), dan Brasil (12 persen).

Sementara dari sisi impor, Indonesia akan melakukan impor besar berupa mesin (30 persen), peralatan IT (8 persen), tekstil (8 persen), produk petroleum (7 persen), transportasi (7 persen), besi baja (5 persen), plastik (4 persen), mineral manufaktur (3 persen), dan ilmu pengetahuan (3 persen).

"Indonesia masih menjadi negara menarik baik investor sehingga peluang ekspor dan impornya juga masih besar," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.