Kompas.com - 27/02/2013, 11:01 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com — Memperbaiki sendiri perabot dan furnitur berbahan kayu bukan hanya soal keahlian. Anda juga perlu menggunakan peralatan yang tepat.

Salah satu peralatan yang akan sangat Anda butuhkan adalah perekat atau lem kayu. Lem kayu dapat terbuat dari bahan-bahan alami dan sintetis. Namun, ada baiknya Anda mengetahui dengan jelas kegunaan perabot tersebut sebelum memilih jenis perekat kayu yang tepat. Jika tidak, beberapa kelemahan perekat dapat menyulitkan Anda. Simak berbagai jenis lem kayu sintetis berikut ini:

Secara garis besar, Anda dapat menemukan dua jenis lem kayu sintetis. Pertama, Anda akan menemukan jenis lem dengan kecepatan kering yang cenderung lambat.

Kedua, Anda akan menemukan jenis-jenis lem yang dapat mengering dengan cepat. Lem lambat kering cenderung lebih kuat dan awet dibandingkan dengan lem yang cepat kering. Pasalnya, lem yang lambat kering memiliki waktu untuk meresap terlebih dahulu ke dalam pori-pori kayu.

Namun, umumnya, lem jenis ini diencerkan lebih dahulu dengan air. Karena itu, lem jenis ini cenderung melemah ketika terendam atau mendapat kontak dengan air. Sebagai saran, ada baiknya Anda menggunakan lem ini untuk konstruksi utama yang terhindar dari kontak langsung dengan air.

Di Indonesia, ada beberapa jenis lem kayu yang dapat dengan mudah Anda dapatkan, seperti jenis-jenis lem berikut ini:

Lem Aica Aibon

Lem ini adalah lem perekat serbaguna yang dapat Anda gunakan untuk melekatkan melamin, logam, beton, papan fiber, kulit, kayu, dan karpet. Di dalam lem ini terkandung karet sintetis dan pelarut organik.

Untuk pemakaiannya, pertama-tama Anda perlu menghapus kotoran, gemuk, dan minyak pada kedua sisi yang akan dilem. Ratakan lem pada permukaan tersebut. Biarkan lem mengering dalam 10 hingga 20 menit. Setelah itu, baru rekatkan kedua permukaan.

Lem putih PVAc

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.