Kompas.com - 25/02/2013, 22:06 WIB
Penulis Iwan Santosa
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

JAKARTA, KOMPAS.com-TNI Angkatan Laut menemukan sekurangnya 3.000 kasus kejahatan maritim sepanjang tahun 2012.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AL Laksamana Pertama (TNI) Untung Surapati di sela seminar tentang perbatasan laut RI di Jakarta, Senin (25/2/2013) menjelaskan, temuan tersebut didapat dari hasil patroli TNI AL.

"Kita menggunakan pesawat terbang yang bertugas dalam gugus tempur laut dan gugus keamanan laut. Temuan pantauan udara diteruskan ke kapal TNI AL yang bertugas," kata Untung.

Kejahatan di laut tersebut mencakup illegal fishing, illegal logging, penyelundupan, perdagangan manusia dan lain-lain jenis kejahatan.

Panjang garis pantai Indonesia mencapai 81.000 kilometer, luas laut teritorial mencapai 5,9 juta kilometer persegi dan memiliki perbatasan laut dengan 10 negara tetangga yakni India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Palau, Papua Nugini, Australia dan Timor Leste.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.