Gelar Perkara Kasus Hambalang Sedang Berlangsung

Kompas.com - 22/02/2013, 15:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gelar perkara terkait penyelidikan dugaan aliran dana ke penyelenggara negara dalam kasus Hambalang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi pada Jumat (22/2/2013) siang ini. Gelar perkara dilakukan selepas shalat Jumat dan saat ini masih berlangsung.

Juru Bicara KPK Johan Budi SP, kemarin, memang mengatakan bahwa hari ini pimpinan KPK akan menggelar ekspos kasus Hambalang. Johan mengatakan, dalam gelar perkara akan dilihat apakah sudah ada sejumlah bukti yang cukup untuk menjadikan seseorang sebagai tersangka.

Belum diketahui kapan gelar perkara akan selesai. Namun, ada dua kemungkinan hasil gelar perkara. Pertama, kalau KPK menentukan telah cukup bukti adanya dugaan tindak pidana korupsi terkait adanya aliran dana di proyek Hambalang, akan langsung ditentukan tersangka dan segera ditetapkan surat perintah penyidikan.

Kedua, masih tetap ada kemungkinan, KPK belum menaikkan tahapan penanganan dugaan adanya aliran dana ini ke tahap penyidikan. Jika ini yang terjadi, KPK akan terus menyelidiki kasus ini sampai ada dua alat bukti yang cukup.


Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


PenulisKhaerudin
EditorMarcus Suprihadi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X