Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khofifah Siapkan Software Anti-DPT Ganda

Kompas.com - 12/02/2013, 20:28 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA,KOMPAS.com - Khofifah Indar Parawansa mengatakan sedang menyiapkan piranti lunak (software) untuk mengantisipasi kecurangan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu Gubernur Jawa Timur. Provinsi ini dijadwalkan menggelar hajatan pemilu kepala daerah pada Agustus 2013.

"Jadi tidak ada lagi ribuan nama yang sama dalam satu kawasan, atau DPT dengan data yang tidak masuk akal," kata Khofifah usai mengisi seminar perkoperasian di Sidoarjo, Selasa (12/2/2013). Data ganda atau tidak masuk akal, imbuh dia, akan otomatis tersaring perangkat lunak tersebut.

Pada Pemilu Gubernur 2008, kubu Khofifah mengaku kecolongan. Menurut kubu ini, lawan mereka melakukan kecurangan terorganisasi, terstruktur, dan massif, dengan memanfaatkan DPT. "Semoga dalam Pemilu Gubernur mendatang pelaksanaannya relatif bersih tanpa kecurangan," ujar Khofifah.

Kasus kecurangan DPT pada Pilgub Jawa Timur 2008 telah menyebabkan proses pemilihan diulang hingga tiga kali. Pada pengulangan ketiga, pemungutan suara hanya dilakukan di Pulau Madura yang diduga ada manipulasi DPT. Namun meski diulang hingga tiga kali, Khofifah yang saat itu berpasangan dengan figur militer, Mujiono, tetap tidak dapat mengungguli pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf, yang juga akan kembali berlaga dalam Pemilu Gubernur tahun ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com