Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Yaman Serukan Jihad Melawan Perancis

Kompas.com - 12/02/2013, 14:51 WIB

SANA'A, KOMPAS.com - Kelompok Al-Qaeda Semenanjug Arab (AQAP) yang berbasis di Yaman, Selasa (12/2/2013), menyerukan jihad atau perang suci untuk menghentikan intervensi militer Perancis di Mali.

"Mendukung umat Muslim di Mali adalah kewajiban bagi Muslim yang mampu baik dengan nyawa maupun harta, sesuai kemampuan masing-masing," kata Komite Syariah AQAP dalam sebuah pernyataan yang diunggah ke internet.

AQAP menyatakan intervensi Perancis melawan Islam di Mali tidak beralasan sama sekali dan tindakan Perancis itu adalah sebuah deklarasi agresi melawan Islam dan umatnya.

AQAP menambahkan kewajiban berjihad semakin tinggi untuk mereka yang tinggal di dekat wilayah konflik, merujuk rakyat negara-negara Afrika Barat yang kini menyokong Perancis.

"Membantu musuh Islam dalam bentuk apapun merupakan bentuk pengingkaran terhadap agama," tambah AQAP.

Perancis meluncurkan operasi militernya sejak 11 Januari lalu atas permintaan pemerintah Mali.
Intervensi Perancis itu terbilang sukses karena dalam waktu kurang dari sebulan pasukan Perancis berhasil memukul mundur pasukan militan Islam yang selama 10 bulan menguasai wilayah utara Mali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com