Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Kuartal I, Pertumbuhan Ekonomi 6,2 Persen

Kompas.com - 12/02/2013, 14:37 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2013 hanya 6,2 persen. Ini berarti akan sedikit melemah dibanding sepanjang 2012 sebesar 6,23 persen atau pada 2011 lalu sebesar 6,5 persen.

"Kami perkirakan perekonomian kuartal I-2013 mencapai 6,2 persen khususnya ditopang permintaan domestik," kata Direktur Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat BI Difi A Johansyah di kantor BI Jakarta, Selasa (12/2/2013).

Bank sentral memandang perekonomian Indonesia tumbuh cukup kuat ditopang permintaan domestik, meskipun sedikit melambat dibandingkan periode sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2012 mencapai 6,11 persen, sementara untuk keseluruhan tahun 2012 mencapai 6,23 persen. Konsumsi dan investasi pada kuartal IV-2012 masih tumbuh cukup kuat, meskipun sedikit termoderasi dibandingkan triwulan sebelumnya.

Di sisi lain, ekspor mulai membaik seiring dengan membaiknya perekonomian di beberapa negara mitra dagang utama seperti China. "Namun, pertumbuhan impor masih cukup tinggi seiring dengan kuatnya permintaan domestik," tambahnya.

Untuk keseluruhan tahun 2013, setelah memperhitungkan aktivitas ekonomi pada kuartal III dan IV-2013 termasuk pengeluaran untuk persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) maka pertumbuhan ekonomi diprakirakan akan mencapai kisaran 6,3 persen-6,8 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com