Kompas.com - 10/02/2013, 10:13 WIB
|
EditorKistyarini

MANADO, KOMPAS.com - Mantan Presiden BJ Habibie dianugerahi penghargaan Medali Emas Kemerdekaan Pers, Sabtu (9/2/2013) kemarin. Penghargaan itu diberikan di Manado dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2013.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono mengatakan bahwa medali emas kemerdekaan pers adalah penghargaan tertinggi dari masyarakat pers kepada perorangan atau lembaga yang memiliki jasa besar bagi kepentingan pers.

"Habibie ketika menjabat Presiden RI telah meletakkan dasar yang sangat kuat bagi kemerdekaan pers di Indonesia," kata Margiono.

Acara pemberian penghargaan tersebut dihadiri oleh ratusan wartawan dan tamu yang dilaksanakan di Grand Kawanua Internasional City. Ketika menyerahkan medali emas Ketua Dewan Pers Bagir Manan ikut mendampingi Margiono.

Atas penganugerahan medali emas tersebut, Habibie mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada insan pers Indonesia. "Sungguh suatu kehormatan bagi saya untuk menerima penghargaan ini tepat pada perayaan HPN 2013," ujar Habibie.

Habibie sendiri berpendapat bahwa kemerdekaan pers adalah bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa yang menjadi salah satu tujuan pembentukan negara Indonesia. "Kita membutuhkan pers yang merdeka, bebas, bertanggung jawab, berbudaya dan bermoral," tambah Habibie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.