Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habibie Terima Medali Kemerdekaan Pers

Kompas.com - 10/02/2013, 10:13 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Mantan Presiden BJ Habibie dianugerahi penghargaan Medali Emas Kemerdekaan Pers, Sabtu (9/2/2013) kemarin. Penghargaan itu diberikan di Manado dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2013.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono mengatakan bahwa medali emas kemerdekaan pers adalah penghargaan tertinggi dari masyarakat pers kepada perorangan atau lembaga yang memiliki jasa besar bagi kepentingan pers.

"Habibie ketika menjabat Presiden RI telah meletakkan dasar yang sangat kuat bagi kemerdekaan pers di Indonesia," kata Margiono.

Acara pemberian penghargaan tersebut dihadiri oleh ratusan wartawan dan tamu yang dilaksanakan di Grand Kawanua Internasional City. Ketika menyerahkan medali emas Ketua Dewan Pers Bagir Manan ikut mendampingi Margiono.

Atas penganugerahan medali emas tersebut, Habibie mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada insan pers Indonesia. "Sungguh suatu kehormatan bagi saya untuk menerima penghargaan ini tepat pada perayaan HPN 2013," ujar Habibie.

Habibie sendiri berpendapat bahwa kemerdekaan pers adalah bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa yang menjadi salah satu tujuan pembentukan negara Indonesia. "Kita membutuhkan pers yang merdeka, bebas, bertanggung jawab, berbudaya dan bermoral," tambah Habibie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com