Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Realisasi Ekonomi 2012 Hanya Beda Tipis

Kompas.com - 08/02/2013, 16:30 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menganggap realisasi pertumbuhan ekonomi 2012 yang sebesar 6,23 persen hanya beda tipis dibandingkan proyeksi bank sentral. Pihaknya tidak mempermasalahkan prediksinya yang meleset tersebut.

"Sebenarnya angka pertumbuhan ekonomi yang disampaikan BI selama ini perbedaannya hanya tipis sekali. Kita memperkirakan dulu bisa tumbuh 6,3 persen, tapi realisasinya hanya 6,23 persen," kata Gubernur BI Darmin Nasution di kantornya, Jakarta, Jumat (8/2/2013).

Menurut Darmin, realisasi pertumbuhan ekonomi itu memang berfluktuasi setiap kuartal. Sehingga pihaknya tidak mempermasalahkan kondisi tersebut. Apalagi, kondisi ini akan disesuaikan dengan kondisi perekonomian global, regional dan kondisi perekonomian domestik sendiri.

"Dilihat per kuartal, itu memang ada fluktuasinya. Ada naik turunnya, selalu tidak pernah rata itu, dari kuartal I hingga kuartal IV. Sementara di kuartal IV memang salah satu kuartal yang agak rendah," tambahnya.

Sekadar catatan, realisasi pertumbuhan ekonomi di 2011 sebesar 6,5 persen. Sementara kuartal I-2012 naik 6,3 persen, kuartal II-2012 naik 6,4 persen, kuartal III-2012 naik 6,17 persen dan kuartal IV-2012 naik 6,11 persen. Sementara realisasi pertumbuhan ekonomi di sepanjang 2012 sebesar 6,23 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com