Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Hunian Tetap Korban Merapi Molor

Kompas.com - 08/02/2013, 15:58 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Pembangunan hunian tetap untuk korban erupsi Merapi dan banjir lahar dingin di Cangkringan, Sleman yang awalnya direncanakan selesai pada Desember 2012, dipastikan molor. Dari 2.083 unit hunian tetap yang akan dibangun, baru 1.775 yang selesai dikerjakan. Sedangkan sisanya masih dalam proses pembangunan.

Kepala Seksi Rehabilitasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman, Saiful Bahri mengatakan, penyelesaian hunian tetap akan selesai sekitar bulan April 2013.

"Ada beberapa faktor yang menyebabkan mundurnya penyelesaian (hunain tetap, red), salah satunya adanya pemindahan lokasi pembangunan 35 unit dari Kentingan ke Koripan," terangnya, Jumat (8/2/2013).

Ia menjelaskan, pemindahan lokasi 35 hunian tetap, dilakukan karena keinginan warga. Sebagian warga menolak menempati lokasi hunain tetap di Kentingan.

"Selain itu, ada penambahan 15 unit huntap (hunian tetap, red) di Dusun Kisik, yang mulanya tidak masuk dalam pembangunan," katanya.

Alasan lainnya, Saiful menambahkan, faktor cuaca buruk yang akhir-akhir ini terjadi di Sleman sedikit banyak mengganggu proses pengerjaan proyek.

"Meski banyak kendala, namun kami tetap berusaha menyelesaikannya pada bulan April 2013," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com