Kompas.com - 08/02/2013, 09:35 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Wilayah bantaran Sungai Ciliwung di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, kembali dilanda banjir setinggi dua meter, Jumat (8/2/2013). Meski demikian, sebanyak 562 Kepala Keluarga atau sekitar 1.556 jiwa warga Kampung Pulo memilih tak mengungsi dan tetap bertahan di lantai dua rumahnya masing-masing.

Cici (23), salah seorang warga Gang V, RT 03 RW 04, Kampung Pulo, mengatakan, air di Sungai Ciliwung mulai meluap dan masuk ke permukiman, Jumat sekitar pukul 04.00 WIB. Namun, kondisi tersebut sudah diantisipasi warga yang telah mendapat pemberitahuan dari perangkat RT setempat sejak Sabtu malamnya.

"Malamnya kan Katulampa 70 centimeter, kami di sini sudah dikasih tahu sama RT, jadi ya langsung siap-siap, barang ditaruh di atas," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat pagi.

Banjir yang melanda Kampung Pulo untuk yang kesekian kalinya tersebut dianggap kondisi biasa oleh warga Pulo, begitu mereka kerap menyebut nama kampungnya. Cici menuturkan, warga yang bekerja tetap beraktivitas seperti biasa. Untuk menuju mulut gang, mereka menggunakan perahu karet yang memang selalu disiagakan di daerah tersebut.

"Cuma ngerinya naik lagi, soalnya katanya di Bogor masih hujan. Asal jangan sampai kayak kemarin saja," ujarnya.

Hingga pukul 09.15 WIB, air di Kampung Pulo masih setinggi dua meter. Warga berharap kondisi tersebut lekas surut dan warga bisa menjalani kehidupannya seperti biasanya.

Berita terkait, baca :

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

BANJIR RENDAM JAKARTA

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.