Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo Tak Tahu Ada Upaya Penggulingan Anas

Kompas.com - 04/02/2013, 18:58 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo mengaku tidak pernah mendengar upaya menggalang dukungan untuk menurunkan Anas Urbaningrum dari kursi Ketua Umum DPP Partai Demokrat sebagai tindak lanjut turunnya elektabilitas partai. Lagi pula, menurut Gubernur Jatim ini, melempar isu menurunkan ketua umum partai itu bukan merupakan solusi yang baik bagi partai.

"Kalau saya, akan serahkan sepenuhnya kepada dewan pembina dan pendiri partai karena ini merupakan masalah serius," katanya, Senin (4/2/2013).

Jika nanti dewan pembina dan pendiri partai menginstruksikan untuk mengubah struktur partai, kata Soekarwo, keputusan itu harus dilaksanakan bersama-sama sebagai solusi untuk menyelamatkan partai.

"Yang jelas, penurunan Ketua Umum DPP, kata dia, harus melalui proses yang konstitusional dan sesuai dengan AD/ART partai karena ketua umum juga dipilih melalui proses yang konstitusional," katanya.

Polemik menyeruak di lingkup internal Demokrat setelah keluarnya hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC). Hasil survei menunjukkan jebloknya elektabilitas Demokrat hingga level 8,3 persen bila pemilu diadakan saat ini.

Para tokoh senior menilai, jebloknya elektabilitas partai tak lepas dari beberapa kasus korupsi yang melibatkan kader Demokrat, termasuk gonjang-ganjing seputar keterlibatan Anas Urbaningrum. Mereka lantas meminta Ketua Dewan Pembina PD Susilo Bambang Yudhoyono untuk segera mengambil langkah khusus untuk menyelamatkan partai sebelum Demokrat benar-benar terpuruk pada Pemilu 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com