Kompas.com - 01/02/2013, 01:17 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketinggian muka air di Pintu Air Katulampa, Kamis (31/1/2013) pukul 18.00 WIB, mencapai 160 cm atau Siaga II banjir. Meski demikian, warga di sepanjang bantaran Sungai Ciliwung tidak panik lantaran menganggap kondisi itu sudah biasa.

Warga yang berada di daerah pasang surut air Sungai Ciliwung, yakni Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur, adalah contohnya. Air dari Katulampa diperkirakan datang ke Jakarta sekitar Jumat pukul 02.00 WIB. Namun, warga menganggap Siaga II banjir di Katulampa hanya akan menyebabkan genangan kecil di rumahnya.

"Biasa kaya musim hujan. Kalo cuma segitu di sini satu meter, ibaratnya pipa bocor saja," ujar Cici (23), warga Gang V, RT 03 RW 04, Kampung Pulo, kepada Kompas.com, Kamis malam.

Cici menuturkan, kondisi naiknya ketinggian muka air di Bendung Katulampa yang diiringi gerimis telah diberitahukan kepada warga melalui perangkat RT setempat. Namun, tak ada persiapan khusus lantaran semua barang berharga telah ditaruh di lantai dua rumah masing-masing warga.

"Sisa banjir kemarin kan barang-barang masih pada di lantai atas semua. Palingan motor doang ditaruh di depan gang," lanjutnya.

Hal senada diungkapkan Rojak (32). Menurut warga RT 04 RW 04, Kampung Pulo, kondisi di Bendung Katulampa tersebut diyakini tidak akan menyebabkan banjir sebesar banjir hebat yang melanda wilayah DKI Jakarta pada pertengahan Januari 2013 yang lalu.

"Apalagi Depok kan kondisi terakhir hanya gerimis, jadi kayaknya nggak terlalu besar seperti yang kemarin," lanjutnya.

Meski demikian, keduanya mengaku, warga Kampung Pulo akan mengungsi jika banjir tak seperti yang diperkirakan. Mereka mengaku patuh pada koordinasi yang ada pada perangkat warga, mulai dari RT, RW, lurah, dan camat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.