Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jabar: Balai Pustaka Dapat Jatah Paling Banyak

Kompas.com - 26/01/2013, 12:52 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Salah satu perusahaan yang bakal mencetak surat suara untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah Jawa Barat 2013, PT Balai Pustaka, dipastikan mendapat jatah terbesar dibandingkan dengan dua perusahaan lain. Alasannya, penawaran saat lelang dari perusahaan ini dianggap paling rendah.

Dua perusahaan yang bersama-sama dengan PT Balai Pustaka untuk mencetak surat suara adalah Induk Koperasi Kepolisian Negara RI (Inkoppol) dan PT Pura Barutama. Mereka adalah tiga peserta lelang yang tersisa sebelum gugur pada tahap evaluasi teknis.

"Nantinya digarap di sembilan unit percetakan terpisah," kata Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat Heri Suherman, Sabtu (26/1/2013).

PT Balai Pustaka bakal kebagian mencetak surat suara sebanyak 15 juta lembar, Inkoppol sekitar 10 juta, dan PT Pura Barutama sisanya. Pembagian tersebut berdasarkan urutan penawaran saat lelang, PT Balai Pustaka paling rendah, diikuti Inkoppol dan PT Pura Barutama.

Dengan harga kertas Rp 515 per lembar, tiga perusahaan itu akan mencetak surat suara sebanyak 32.536.980 lempar seperti jumlah di daftar pemilih tetap ditambah 2,5 persen di setiap tempat pemungutan suara.

Tiga perusahaan sepakat untuk menyelesaikan pekerjaan mereka sebelum 10 Februari. Pada tanggal itu, hasil cetakan sudah harus didistribusikan ke KPU kabupaten/kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com