Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14.300 Korban Banjir Jakarta Masih Mengungsi

Kompas.com - 23/01/2013, 21:10 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, hingga Rabu (23/1/2013) sebanyak 14.300 korban banjir Jakarta masih mengungsi di 90 lokasi pengungsian. Pengungsi tersebar di Jakarta Timur sebanyak 4.475 jiwa, Jakarta Selatan 1.563 jiwa, Jakarta Barat 4.751 jiwa, dan Jakarta Utara 3.511 jiwa.

“Sebanyak 225 RT, 92 RW dan 27 kelurahan masih terdapat genangan banjir dengan ketinggian 10 sampai 180 cm. Sebanyak 6.853 KK atau 10.219 jiwa terdampak oleh banjir pada hari ini,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Rabu malam.

Untuk diketahui, beberapa lokasi banjir di Jakarta telah surut. Namun sebagian masih digenangi air dan hari ini hujan deras kembali mengguyur Jakarta. Sutopo menjelaskan di Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur genangan air sedalam 30 hingga 50 cm. Di kawasan tersebut terdapat pengungsi 1.275 jiwa. Mereka mengungsi di pinggir kali, Sudinkes Jakarta Timur, Jl. Jatinegara Barat, SDN 01, GPIB Koinonia, RS Hermina, Masjid Attawabin, dan GOR Jaktim. Kemudian, beberapa rumah di Kelurahan Cililitan masih terendam banjir sedalam 30 cm. Sebanyak 3.200 warga mengungsi di 6 lokasi.

Banjir sedalam 50 cm juga masih merendam  Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan. Pengungsi mencapai 1.058 jiwa.
“Warga memerlukan obat-obatan, pembalut, pakaian, dan pompa sedot,” kata Sutopo.

Sementara itu di Jakarta Barat, warga Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng yang mengungsi sebanyak 674 jiwa. Rumah mereka masih terendam banjir hingga 20 cm. Kemudian di Kelurahan Cengkareng Barat sebanyak 800 jiwa dan di Kelurahan Pekojan Kecamatan Tambora sebanyak 1.285 jiwa.

Banjir paling tinggi mencapai 180 cm masih merendam kawasan Pluit, Jakarta Utara. Sebanyak 1.705 warga Kelurahan Pluit mengungsi di Lapangan futsal, Gedung Cometa, dan Apartemen Laguna. Kemudian di Kelurahan Penjaringan sebanyak 1.126 jiwa mengungsi di SDN 03, 04 Penjaringan, dan Kantor Kelurahan Penjaringan. Tinggi genangan di kawasan tersebut masih berkisar 20 sampai 100 cm.

Sutopo menjelaskan, persedian logistik masih cukup hingga tiga hari ke depan. Beberapa pos kesehatan untuk para pengungsi korban banjir juga masih didirikan di beberapa lokasi.

“Penanganan pengungsi terus diberikan kebutuhan dasarnya. Stok logistik dan pelayanan medis mencukupi,” katanya.

BNPB juga telah mengantisipasi prediksi air pasang disertai hujan deras yang memicu banjir besar kembali terjadi pada akhir Januari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com