Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB Antisipasi Pengungsi Banjir Melonjak pada Akhir Januari

Kompas.com - 22/01/2013, 20:34 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengantisipasi adanya prediksi banjir besar yang akan kembali terjadi pada akhir bulan Januari 2013. BNPB telah menyiapkan logistik hingga peralatan operasional untuk lebih dari 40.000 pengungsi.

"Untuk kondisi sekarang kita identifikasi. Logistik berapa kekuatan personil berapa. Sekian perahu, yang siap berapa," ujar Sekertaris Utama BNPB Facthul Hadi di Kementrian Pekerjaan Umum, Selasa (22/1/2013).

Untuk diketahui, BMKG meramalkan pada sekitar tanggal 23 Januari hingga 27 Januari terjadi intensitas hujan yang tinggi. Curah hujan Jakarta diperkirakan akan terus meningkat. Pada 27 Januari, bulan akan berada di puncak purnama. Pada saat itu, air pasang di laut akan lebih tinggi sehingga tak dapat menampung air yang berasal dari daratan sehingga potensi banjir di Jakarta diprediksi akan melebihi banjir yang terjadi pada 2007.

Pada 26 Januari 2013, diperkirakan air pasang bisa mencapai 1 meter. Jika terjadi curah hujan yang tinggi, BNPB pun memprediksi lebih dari 40 ribu warga DKI Jakarta akan mengungsi.

"Apabila nanti yang diramalkan BMKG pada tanggal tersebut ketinggian air naik atau robnya sampai 1 meter. Dimungkinkan pengungsi akan seperti tanggal 17 Januari dan akan di atas 40 ribu," ujarnya.

Pengungsi yang sudah kembali ke rumah pun diminta tetap waspada. Prediksi intensitas hujan sendiri, menurut Facthul, akan dilihat akurasinya sebelum tiga hari.

"Dengan BMKG kami koordinasikan aparat, tingkat kecamatan dan kelurahan. Meminta masyarakat mendengarkan untuk mau dievakuasi di tempat pengungsian, jangan sampai tambah korban,"  kata Facthul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com