Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Surut, Warga Kampung Pulo Bersihkan Rumah

Kompas.com - 22/01/2013, 17:04 WIB
Firly Anugrah Putri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir surut, sebagian besar warga Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur telah meninggalkan tenda-tenda pengungsian darurat yang terletak di bahu Jalan Jatinegara Barat. Warga mulai bergegas ke rumah mereka untuk membersihkan lumpur sisa banjir hampir satu pekan lalu itu.

"Mulai tadi pagi pulang, surutnya dari semalem, pulang ke rumah terus bersih-bersihin sisa banjir kayak lumpur yang masuk di dalem rumah, soalnya lumpurnya tebel banget sampe sebetis. Masih ada genangan air tapi depan rumah sekitar 10 sentimeter deh," ujar Lis (35) warga RT 02 RW 03, Selasa (22/1/2013).

Selain Lis, Neng (20) warga RT 05 RW 03 juga mengatakan hal serupa. Ia bersama satu anaknya dan suami meninggalkan tenda pengungsian sejak pagi tadi untuk membersihkan rumah.

"Di rumah saya, lumpur sampe sepaha tebel banget sama bau juga, tadi bersihin pake pacul pake alat kebersihan yang ada. Ya namanya saya ninggalin rumah enam hari buat ngungsi, jadi bersihinnya harus berkali-kali susah soalnya lumpurnya banyak," katanya.

Pantauan Kompas.com di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur tenda darurat yang didirikan di bahu Jalan Jainegara Barat tersebut telah dibongkar, hanya bersisa satu tenda dari BNPB yang belum dibongkar. Akan tetapi didalam tenda pengungsi sudah tidak ada.

Selain itu, di pemukiman warga air terlihat masih menggenang sekitar 10 sentimeter depan rumah warga.

Suasana hangat terasa dari warga yang sedang bahu-membahu membersihkan sisa lumpur, sampah pascabanjir yang berada di sekitar pemukiman mereka. Tersaji kopi, teh, air mineral yang disediakan bagi kaum pria, dan juga rujak buah-buahan yang tersaji dan sesekali mereka makan sambil membersihkan rumah, dan sekitar pemukiman mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com