Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Kebersihan Kerja Keras Tangani Sampah Pengungsian

Kompas.com - 19/01/2013, 11:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Petugas kebersihan dari Sudin Kebersihan Jakarta Timur harus bekerja keras membersihkan lokasi pengungsian di Kampung Pulo, Jakarta Timur.

"Kita bekerja dari pukul 06.00 pagi sampai sekarang belum berhenti. Sampahnya tidak habis-habis. Namanya juga pengungsi sehingga kita harus maklumi," kata salah seorang petugas kebersihan, Rasdi, yang ditemui di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur, Sabtu (19/1/2013).

Lebih dari 20 petugas kebersihan bertugas membersihkan sampah di Jalan Jatinegara Barat yang ditutup total dan difungsikan sebagai posko pengungsi warga Kampung Pulo.

Menurut Rasdi, dalam sehari, sampah yang dikumpulkan dari lokasi pengungsi bisa mencapai lima kontainer. "Ini baru sampah pengungsi, nanti sampah sisa banjir lebih banyak lagi," tambah Rasdi yang menjadi tenaga honor di Sudin Kebersihan sejak delapan tahun lalu.

Berdasarkan pantauan di lokasi pengungsian, sampah bertebaran di sepanjang jalan, mulai dari botol plastik minuman mineral, kotak makanan, kantong plastik, hingga sisa makanan. Sampah-sampah tersebut mulai menimbulkan bau yang tidak sedap yang dikhawatirkan akan mengancam kesehatan pengungsi.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Timur Komisaris Besar Mulyadi Kaharni yang meninjau lokasi pengungsian mengatakan, gangguan kesehatan mulai menyerang pengungsi, mulai dari diare hingga ISPA. "Kita khawatir sampah, terutama sisa makanan, bisa mengganggu kesehatan," katanya.

Mulyadi juga menginstruksikan agar pengungsi mengumpulkan sampah mereka di satu tempat sehingga tidak berserakan di mana-mana dan petugas kebersihan mudah mengumpulkannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com