Puluhan Napi Korupsi Jateng Segera Dipindah ke Bandung

Kompas.com - 18/01/2013, 21:10 WIB
|
EditorFarid Assifa

SEMARANG, KOMPAS.com -- Puluhan narapidana korupsi di Jawa Tengah segera dipindahkan ke Lapas Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. Jumlah narapidana korupsi yang akan dipindahkan saat ini masih dirinci oleh kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah.

Direncanakan puluhan napi akan dipindahkan dengan menggunakan bus pada Sabtu (19/1/2013) pagi. Pemindahan juga akan mendapatkan pengawalan pihak kepolisian. Tidak seluruh napi akan dipindahkan, sebab ada sejumlah napi yang belum memiliki kekuatan hukum tetap.

Kepala Satuan Pengamanan Lapas Kelas I Kedungpane, Semarang, Wahyu Prasetyo mengatakan, dari Lapas Kedungpane Semarang terdapat sekitar 20 napi korupsi yang akan dipindahkan.

"Dari informasi yang saya terima, terdapat 44 napi korupsi dari seluruh Jawa Tengah yang akan dipindah ke sana," ujarnya, Jumat (18/1/2013).

Seluruh napi yang dipindahkan, ungkapnya, sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkracht. Di Lapas Kedungpane sendiri terdapat 120 tahanan kasus korupsi, 50 di antaranya berstatus narapidana.

"Ada juga napi yang masih dibutuhkan sebagai saksi, atau yang masih dalam proses Peninjauan Kembali (PK), tidak dipindahkan," tambahnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah, Soewarso mengatakan, belum bisa memberikan data rinci terkait jumlah napi atau siapa-siapa saja yang akan dipindah. "Kami masih inventarisasi," ujarnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Elan Subilan, mengaku sudah menerima surat terkait pengawalan pemindahan napi korupsi. "Informasi yang saya terima memang diberangkatkan dari Lapas Kedungpane besok (Sabtu 19/1/2013, red) dengan bus. Kami siap mengawal, untuk jumlah personel nanti disesuaikan," jelasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X