Kompas.com - 17/01/2013, 11:43 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono menyatakan, ada tiga syarat bagi Indonesia untuk bisa menjadi negara maju. Seluruh bangsa Indonesia diminta untuk fokus dalam ketiga hal tersebut.

"Tiga syarat itu akan menjadi kunci kemajuan bangsa. Ini yang menjadi impian kita," kata Boediono saat membuka Wirausaha Muda Mandiri dan Mandiri Young Entrepreneur di Jakarta Convention Center, Kamis (17/1/2013).

Menurut Boediono yang mengutip ekonom Joseph Alois Schumpeter, perekonomian bangsa akan maju jika bisa memenuhi tiga elemen.

Pertama, wirausaha. Saat ini, Indonesia masih memiliki jumlah wirausahawan yang minim. Ini yang harus ditingkatkan. Kedua, inovasi. Di setiap lini industri atau apapun harus memiliki inovasi agar bisa bersaing dengan kompetitor. Ketiga, pembinasaan metode-metode yang mematikan kreatifitas.

"Ini yang menjadi tanggung jawab kita semua. Sebuah impian yang harus diberikan kepada generasi mendatang," tambahnya.

Menurut Boediono, wirausaha itu memang bisa terjadi secara alami (bakat) dan bisa dari hasil praktek. Menurutnya, wirausaha itu memang bisa terjadi antara perpaduan kedua hal tersebut.

"Tapi yang lebih penting adalah yang berani mengambil risiko, berani prakyek. Ini yang jelas sangat penting," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.