Naik KA, 30 Napi Korupsi Sidoarjo Dikirim ke Sukamiskin

Kompas.com - 16/01/2013, 12:53 WIB
|
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 30 narapidana korupsi dikirim dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Porong, Sidoarjo, ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, menggunakan kereta api, Rabu (16/1/2013).

Dari Surabaya, mereka diberangkatkan dari Stasiun Gubeng. Mereka diangkut dengan dua bus khusus dari Lapas Porong lalu diangkut dengan KA Argowilis dalam satu kereta khusus, tepatnya di kereta nomor 5. Para napi itu berangkat pukul 07.30 WIB dan diperkirakan tiba di Bandung pukul 19.30 WIB.

Para napi tersebut berangkat ke stasiun dikawal secara ketat oleh petugas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jatim, Polsuska, dan puluhan personel Brimob Polda Jatim yang bersenjata lengkap.

Mereka memasuki area stasiun dari pintu khusus dengan tangan diborgol. Para napi saling dikaitkan dengan satu tali agar tidak kabur.

Para napi tersebut, kata Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jatim Ambeg Paramarta, adalah tahanan dengan kasus korupsi di atas Rp 100 juta. "Selain itu, kasusnya juga menjadi perhatian khusus publik, melibatkan pejabat publik, dan masa tahanannya minimal 1 tahun," katanya.

Ambeg menjelaskan, kebijakan ini memang sempat ditentang keluarga napi, tetapi harus tetap dilakukan sebagai realisasi kebijakan lokasi lapas khusus bagi para koruptor.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X