Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Rhoma Capres Terpopuler di Jatim

Kompas.com - 14/01/2013, 09:28 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Hasil jajak pendapat oleh sebuah lembaga survei di Jawa Timur menunjukkan bahwa Rhoma Irama merupakan calon presiden (capres) terpopuler di provinsi tersebut.

Survei oleh Presisi Poll yang dirilis pada Minggu (13/1/2013) menunjukkan Rhoma mengungguli popularitas sejumlah tokoh nasional seperti Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Dalam survei yang melibatkan responden atau sampel sebanyak 440 orang dari 38 kabupaten/kota di Jatim yang dipilih secara acak, dengan margin error 5 persen ini, menunjukkan bahwa popularitas Rhoma mencapai 95,7 persen.

Popularitas Rhoma mengalahkan Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie (79,8 persen) dan Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto (75,1 persen).

Direktur Eksekutif Presisi Poll Heliosa Soerwianto mengatakan, tingginya popularitas Rhoma Irama tersebut menunjukkan bahwa masyarakat khususnya Jatim masih suka Rhoma. "Itu karena dia dikenal sebagai Raja Dangdut," ujar Heliosa, Minggu sore.

Meski populer, ternyata dari sisi akseptabilitas (disukai) dan elektabilitas (dipilih), Rhoma masih kalah dengan sejumlah tokoh nasional lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com