Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan di Puncak Merapi, Lahar Dingin Menerjang

Kompas.com - 13/01/2013, 20:31 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Banjir lahar dingin kembali menerjang beberapa sungai yang berhulu di puncak Gunung Merapi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (13/1/2013) sore. Hal tersebut diakibatkan hujan dengan intensitas sedang mengguyur puncak Merapi dan sebagian wilayah Magelang sejak siang.

Berdasarkan pantauan Kantor SAR Kabupaten Magelang, banjir lahar dingin terjadi, antara lain, di Sungai Bebeng, Krasak, dan Putih. Dengan ketinggian air mulai dari 25 cm hingga 40 cm.

"Sudah terpantau adanya aliran banjir. Di Sungai Putih ketinggian air mencapai 25 cm dan lebar 20 meter," kata Komandan SAR Kabupaten Magelang Heri Prawoto, di Magelang, Minggu (13/01/2013).

Sementara Aungai Bebeng dan Krasak ketinggian air mencapai 40 cm dan lebar 25 meter. "Aliran banjir lahar kali ini juga tetap disertai material batu dan pasir vulkanik," ungkap Heri.

Tim SAR Kabupaten Magelang meminta masyarakat untuk terus meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan, terutama masyarakat yang menghuni rumah dalam radius kurang dari 300 meter di samping kanan-kiri sungai.

"Hingga petang ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang ditimbulkan akibat banjir," kata Ahmad Muslim dari Humas SAR Kabupaten Magelang.

Berdasarkan pantauan Kompas.com hingga petang ini, banjir sudah mulai ada penurunan intensitas. Kendati demikian, gerimis juga masih terjadi di wilayah lereng Merapi bagian barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com