Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Densus 88 Temukan 4 Bom Aktif di Penggilingan Kopi

Kompas.com - 09/01/2013, 17:02 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri melakukan penggeledahan di sebuah penggilingan kopi, Enrekang, Sulawesi Selatan, Rabu (9/1/2013). Di lokasi tersebut polisi menemukan 4 bom pipa aktif yang disimpan oleh seseorang bernama Fahri.

“Pukul 11.00 Wita, di tempat penggilingan kopi tempat Fahri menyimpan bom ditemukan 4 buah bom pipa aktif,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal (Pol) Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta.

Boy menjelaskan, Fahri adalah orang yang dititipi bom oleh terduga teroris Syarifudin yang ditangkap beberapa waktu lalu di Makassar. Hari ini, polisi juga menggeledah kebun milik Syarifudin di Desa Bolang, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang, Makassar. “Dari pengembangan tersebut diamankan juga saudara Fahri. Yang bersangkutan dititipi bom oleh saudara Syarifudin,” sambung Boy.

Penggeledahan tersebut merupakan pengembangan atas pemeriksaan terhadap terduga teroris Syarifudin dan Fadli yang ditangkap di Makassar, Jumat (4/1/2013) pukul 18.00. Pada hari itu, Densus juga meringkus Syamsudin HG alias Asmar alias Abu Uswah dan Ahmad Khalil alias Hasan alias Kholid di halaman Masjid Nurul Afiat yang berada di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulawesi Selatan.

Keduanya terpaksa ditembak hingga tewas karena melakukan perlawanan saat hendak ditangkap. Saat penangkapan tersebut, polisi menyita dua senjata api jenis FN dan granat manggis. Kemudian, pukul 14.00 Densus meringkus Thamrin dan Arbain di Pasar Daya Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com