Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Ekonomi Indonesia Jadi Nomor Dua Dunia

Kompas.com - 04/01/2013, 16:42 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengaku masih optimis Indonesia masih mampu mencapai pertumbuhan ekonomi sepanjang 2012 di level 6,3 persen. Jika itu terjadi, maka ekonomi Indonesia menjadi nomor dua tertinggi di dunia.

"Kami optimis perekonomian Indonesia di 2012 ini bisa tercapai 6,3 persen. Dengan kondisi itu, mungkin Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi terbaik nomor dua di dunia," kata Agus saat ditemui di Kementerian Keuangan Jakarta, Jumat (4/1/2013).

Menurut Agus, China dimungkinkan masih memimpin pencapaian pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia. Kemudian disusul Indonesia dan kemudian India dan Brazil di bawahnya. Untuk bisa mencapai target tersebut, pemerintah juga optimis kenaikan perekonomian Indonesia selama kuartal IV-2012 ini diperkirakan akan naik 6,1-6,4 persen.

"Sehingga perekonomian nasional secara tahunan tetap 6,3 persen. Itu yang membuat kita optimis," tambahnya.

Agus juga mengatakan bahwa untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi tersebut, pemerintah juga harus merealisasikan anggaran yang cukup besar di akhir tahun 2012. Sehingga hal tersebut akan ikut menopang pertumbuhan ekonomi domestik.

Sementara untuk penyerapan anggaran belanja pemerintah, Agus menganggap masih di bawah target atau hanya mencapai 4,4 persen di bawah target anggaran. Sehingga pihaknya mengharapkan belanja pemerintah itu benar-benar tepat sasaran dan bisa memberikan nilai tambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com