Kompas.com - 29/12/2012, 08:54 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menilai, saat ini merupakan waktu yang tepat bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk melakukan perombakan (reshuffle) kabinet. Selain mengisi posisi menteri yang kosong, Presiden juga perlu mengganti menteri yang berkinerja buruk.

"Ini adalah momentum yang paling tepat untuk SBY me-reshuffle kabinetnya," kata Ketua DPP Partai Hanura Saleh Husin, Sabtu (29/12/2012) di Jakarta.

Dikatakan tepat karena saat ini ada kekosongan posisi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) setelah Andi Mallarangeng mengundurkan diri. Pada waktu yang hampir bersamaan, Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) melansir hasil evaluasi kinerja kementerian yang menyebutkan sejumlah kementerian masih berkinerja buruk.

Perombakan dilakukan untuk mengisi posisi menteri yang kosong, sekaligus mengganti menteri yang berkinerja buruk. "Sebaiknya, SBY segera menunjuk pengganti Andi Mallarangeng sekaligus mengganti para pembantunya yang kinerjanya jeblok," ujarnya.

Soal siapa saja menteri yang layak untuk diganti, menurut Saleh, Presiden Yudhoyono lebih tahu. Diharapkan, Yudhoyono memilih orang-orang yang lebih berkompeten untuk menggantikan para menteri berkinerja rendah.

Partai Hanura tidak akan campur tangan soal siapa saja menteri yang harus diganti serta para penggantinya karena hal itu menjadi hak prerogatif Presiden. Partai Hanura hanya mengingatkan perlunya perombakan untuk meningkatkan kinerja pemerintah agar pembangunan tak terhambat, apalagi masa pemerintahan Yudhoyono tinggal dua tahun lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.