Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intensitas Rapat Timpang dengan Hasil Kerja

Kompas.com - 27/12/2012, 21:48 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Unsur pimpinan DPRD DKI Jakarta membeberkan kinerjanya selama tahun 2012. Dalam kurun waktu itu, dewan menggelar 108 kali rapat paripurna, paripurna istimewa, badan anggaran, badan legislasi daerah, dan badan musyawarah.

Dewan juga menggelar 191 kegiatan di tingkat komisi, meliputi rapat kerja, peninjauan, kunjungan kerja, pembahasan APBD serta Laporan Keterangan Pertanggungjawaban. Sementara untuk rapat pimpinan dan rapat gabungan pimpinan, dewan menggelar 30 kali kegiatan. Adapun rapat panitia khusus digelar delapan kali.

"Demikian kilasan informasi mengenai kegiatan dewan sepanjang tahun 2012. Dewan terus memberi perhatian terhadap berbagai perkembangan program pembangunan eksekutif, utamanya yang mengalami hambatan dan perlu penyempurnaan," kata Ketua DPRD DKI Ferrial Sofyan, Kamis (27/12/2012) di Jakarta.

Namun demikian, Ferrial mengakui selama 2012 DPRD belum mampu mencapai target mengesahkan rancangan peraturan daerah (raperda). Dari 34 raperda yang ditargetkan, DPRD hanya bisa mengesahkan delapan perda. Produktivitas pembahasan perda oleh dewan ini setara dengan 23,5 persen dari target kinerja pembahasan raperda selama satu tahun.

Pembahasan raperda tersebut memakan waktu berbulan-bulan. Sementara pada tahun yang sama, digelar Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta periode 2012-2017. Perhatian sebagian besar wakil rakyat tersebut tersedot pada peristiwa politik itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com