Klarifikasi Kekayaan, KPK Datangi Rumah Cagub

Kompas.com - 27/12/2012, 19:56 WIB
|
EditorFarid Assifa

BANDUNG, KOMPAS.com -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengklarifikasi harta kelima pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2013 - 2018 dengan mendatangi rumah kediaman masing-masing calon. Hal itu diungkapkan Bidang Pencegahan KPK Koordinator Jabar Adlinsyah Nasution kepada wartawan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Jalan Garut, Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/12/2012).

"Kita akan mengecek harta kekayaan masing-masing calon dengan cara mendatangi langsung ke rumah masing-masing calon," kata Adlinsyah, Kamis, (27/12/2012).

Rencananya, kata Adlinsyah, klarifikasi itu akan dilakukan pada pertengahan Januari 2013 mendatang, yakni sebelum masa kampanye calon gubernur dan wakil gubernur berlangsung.

Sebelum melakukan klarifikasi, lanjutnya, KPK juga akan berkoordinasi dulu dengan KPU Jabar. Hal itu dilakukan agar KPU bisa membantu KPK berkomunikasi dengan kelima pasangan calon, termasuk memberitahukan pada kelima pasangan calon agar segera melengkapi berkas-berkas yang diminta KPK.

"Saat ini KPK menilai beberapa pasangan calon masih belum melengkapi berkas yang diminta," jelasnya.

Dia menambahkan, setelah melakukan klarifikasi, masing-masing pasangan calon akan diimbau untuk menginformasikan harta kekayaannya ke publik. Penyampaian itu akan dilakukan dalam bentuk deklarasi antikorupsi yang dinilai sebagai bentuk kewajiban bagi pasangan calon.

Baca tentang
    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X