Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Surga Berkumandang di Depan Istana

Kompas.com - 25/12/2012, 14:09 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika umat Kristiani di seluruh dunia merayakan damainya Natal dengan mengikuti misa dan kebaktian di dalam syahdunya suasana gereja, tidak begitu dengan jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin. Hanya beratapkan langit di depan Istana Negara, jemaat dari dua gereja ini tetap khusyuk beribadah.

Ratusan jemaat dari orang tua hingga anak-anak duduk menjalankan kebaktian Natal. Untuk menghalangi terik panas matahari, para jemaat berlindung di bawah payung sambil menyenandungkan kidung-kidung Natal.

Gita Surga Bergema terdengar dari pengeras suara yang dipasang jemaat. Para jemaat kedua gereja ini pun membawa dua spanduk yang bertuliskan, "Selamat Hari Natal dari Kami yang Dilarang Ibadah Natal di Gereja Sendiri yang Sah" dan "Save Peaceful Indonesia Pray with GKI Yasmin for Unity in Diversity".

Ibadah Natal yang dilaksanakan mulai pukul 13.00 WIB di depan Istana Negara ini berlangsung lancar dan tenang. Lalu lintas di sekitarnya juga tidak terpengaruh sehingga kendaraan tetap lancar melintas. Para polisi juga hanya berjaga dan tak mengganggu jalannya ibadat.

Kedua jemaat gereja ini memiliki nasib yang sama, sama-sama ditolak oleh masyarakat sekitar karena alasan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Meski sudah ada putusan Mahkamah Agung (MA) yang menjamin para jemaat dapat beribadah di dalam gerejanya, warga sekitar tetap tak mengindahkannya dan terus menolak segala kegiatan yang dilakukan oleh para jemaat, termasuk perayaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com