Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Pengamanan, Ibadah Natal GKI Yasmin Aman

Kompas.com - 24/12/2012, 22:15 WIB
Antony Lee

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Sekitar 60 jemaat Gereja Kristen Indonesia Taman Yasmin di Bogor Barat, mengikuti ibadah malam Natal di salah satu rumah jemaat di Taman Yasmin, Senin (24/12/2012) malam. Ibadah berlangsung aman dan penuh suasana haru, kendati tidak terlihat pengamanan petugas berseragam hingga menjelang akhir ibadah.

Ibadah dimulai lebih kurang pukul 20.00, dengan dipimpin Alexander Paulus. Dalam pesan Natalnya, Alexander meminta agar umat tetap sabar kendati belum bisa beribadah di gereja mereka yang disegel Pemerintah Kota Bogor. Sementara di sekitar bangunan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Taman Yasmin di Jalan Abdullah Bin Nuh, beberapa mobil patroli kepolisian, serta petugas berseragam berjaga. Namun, umat GKI Taman Yasmin tidak beribadah di sana.

Bona Sigalingging, juru bicara GKI Taman Yasmin mengatakan, pihaknya merahasiakan lokasi ibadah demi alasan keselamatan jemaat yang menghadiri ibadah Natal GKI Taman Yasmin. Wali Kota Bogor Diani Budiarto dalam beberapa kesempatan mengaku tidak melanggar hukum dan merasa langkahnya didukung oleh Kantor Menko Polhukam.

Dia menyampaikan pihaknya sudah menjalankan putusan Mahkamah Agung dengan mencabut pembekuan surat izin mendirikan bangunan GKI Yasmin, tetapi kemudian mencabut IMB GKI Yasmin dengan alasan untuk menjaga ketertiban umum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com