Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banser Siap Bantu Polisi Amankan Malam Natal

Kompas.com - 24/12/2012, 15:01 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama akan mengerahkan 1.000-1.500 personel guna membantu pihak kepolisian dalam mengamankan perayaan malam Natal di Jakarta. Mereka akan disebar di beberapa gereja.

"Nantinya para anggota Banser ini akan disebar (ke beberapa gereja yang menjadi fokus pengamanan pihak kepolisian)," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Senin (24/12/2012).

Rikwanto mengatakan, ormas yang menyatakan akan siap membantu polisi dalam pengamanan malam Natal baru datang dari Banser NU. Sementara yang lainnya hingga saat ini belum ada laporan masuk ke pihak kepolisian.

Saat ini, kata Rikwanto, petugas keamanan sudah mulai disiagakan dan melakukan sterilisasi. Para petugas berasal dari berbagai kesatuan, di antaranya dari Jihandak, Gegana, maupun Densus 88.

Nantinya, para jemaat yang akan masuk ke dalam gereja harus melewati metal detector dan barang bawaan mereka juga akan digeledah.

Mengenai jumlah personel keamanan yang akan ditempatkan di tiap gereja, Rikwanto mengatakan hal itu menyesuaikan dengan ukuran dan jumlah jemaat yang ada pada gereja tersebut.

"Untuk gereja besar seperti Katedral dan Immanuel, akan ditempatkan 100 personel, sedangkan di tempat yang lain bervariasi, yaitu ada yang 75, 50, dan paling sedikit 10 (personel)," ujarnya.

Berdasarkan apel kesiapan pasukan yang diadakan di Silang Monas pada Jumat (24/12/2012) kemarin, Polda Metro Jaya akan mengerahkan sekitar 5.992 personel selama pelaksanaan Operasi Lilin 2012.

Selain gereja, polisi juga akan memfokuskan pengamanan pada sejumlah tempat rekreasi yang diperkirakan akan dipadati pengunjung.

Rikwanto mengatakan bahwa di luar masalah banjir, sampai saat ini, situasi Jakarta kondusif dan tidak ada laporan yang masuk terkait adanya ancaman teror.

"Belum ada laporan yang masuk terkait adanya ancaman teror dan mudah-mudahan tetap lancar ke depannya. Jemaat fokus pada Ibadah. Untuk keamanan, serahkan pada kepolisian, kami akan bersungguh-sungguh," tegasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com