Kompas.com - 23/12/2012, 17:28 WIB
|
EditorFarid Assifa

KEDIRI, KOMPAS.com — Selain personel kepolisian dan tentara, pengamanan perayaan Natal di Kota Kediri, Jawa Timur, juga didukung oleh elemen Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dari organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama (NU).

Kepala Satkorcab Banser Kota Kediri Saiful Anam mengatakan, pengamanan tersebut telah dikoordinasikan dengan polres setempat dan pasukannya akan dititikberatkan pada gereja Puhsarang di Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Gereja tersebut selama ini paling banyak dikunjungi oleh masyarakat.

"Banser ikut andil dalam membantu pengamanan Natal dan Tahun Baru. Pada gereja Puhsarang, kami tempatkan 10 Banser," kata Saiful Anam saat dihubungi Kompas.com, Minggu (23/12/2012).

Selain pengamanan Natal, Saiful menambahkan, pihaknya juga akan berpartisipasi dalam pengamanan perayaan datangnya tahun baru nanti.

"Kami akan bersiaga terhitung mulai 23/12/2012 sampai 1/1/2013 nanti," katanya.

Kepala Polres Kediri Kota Ajun Komisaris Ratno Kuncoro mengatakan, personel Banser itu akan berbaur dengan sekitar 500 personel lain dari Polri, TNI, Dinas Kesehatan, Dishub, Senkom, serta Saka Bhayangkara yang tergabung dalam Operasi Lilin.

"Dalam Operasi Lilin ini kami membuat tujuh pos pengamanan dan pelayanan yang tersebar di beberapa titik strategis," kata Ratno Kuncoro.

Penyisiran gereja, kata Kapolres, juga akan dilakukan dalam waktu yang acak dan akan ditangani langsung oleh unsur Brimob. "Penyisirannya mulai tanggal 24 besok," katanya.

Hingga saat ini, suasana Kota Kediri cenderung kondusif. Pada beberapa pusat transportasi massal, seperti stasiun dan terminal bus, belum terlihat adanya lonjakan pemudik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.