Kompas.com - 20/12/2012, 18:11 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak lebih dari 5.000 personil Barisan Ansor Serba Guna (Banser) di Jawa Timur siap diturunkan membantu polisi dalam mengamankan perayaan Natal. Ribuan orang itu saat ini menyebar di 38 kabupaten/kota, dalam kondisi siap diterjunkan.

Menurut Ketua Pengurus Wilayah Ansor Jatim, Alfa Isnaeni, bantuan personil Banser tersebut adalah agenda kegiatan rutin setiap tahun sebagai bentuk kepedulian sosial antarsesama umat beragama, serta dalam upaya mendukung stabilitas keamanan Jatim saat perayaan Natal, sekaligus Tahun Baru.

"Prinsip kami, kondisi hubungan toleransi antarumat beragama di Jatim tetap kondusif," katanya, Kamis (20/12/2012).

Menurut dia, penerjunan Banser itu sifatnya hanya membantu pengamanan, karena tugas utama pengamanan tetap melekat kepada pihak kepolisian. "Keberadaan kami hanyalah untuk membantu pengamanan saja. Namun untuk tugas utama tetap pihak kepolisian yang memiliki wewenang penuh." tanbahnya.

Para personil Banser tersebut, kata Alfa, sudah dilengkapi standar keterampilan pengamanan. Mereka biasa dipasang di setiap gereja, dua sampai tiga hari sebelum perayaan natal, sebagai antisipasi pihak yang ingin merusak prosesi Natal di gereja.

Bantuan ini pun menunjukkan bahwa Jatim yang dihuni masyarakat yang heterogen, tetap menjunjung tinggi prinsip toleransi dan saling hormat menghormati antarsesama pemeluk agama. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.