Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Lurah dan Camat Ikuti Gayanya

Kompas.com - 17/12/2012, 17:29 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memberikan pengarahan kepada wali kota, lurah, camat, suku dinas, dan satpol PP yang berada di wilayah Jakarta Barat. Jokowi mengarahkan jajaran di bawahnya itu untuk mengikuti gayanya melakukan pendekatan kepada masyarakat, yaitu dengan langsung turun ke lapangan dan menguasai semua permasalahan.

"Saya ingin menyampaikan beberapa hal, pertama sudah berkali-kali disampaikan, baik yang di sudin, kecamatan, kelurahan, seksi-seksi yang ada ditambah satpol PP agar semuanya sesering mungkin turun ke bawah dan turun ke lapangan untuk melihat masyarakat dan melihat lingkungan yang ada di kampung," kata Jokowi di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kembangan, Jakarta, Senin (17/12/2012).

Jokowi menginginkan semua lapisan pemerintahan mulai dari yang paling bawah dapat menyamakan visi bersamanya sehingga masalah dapat terkuasai dengan baik.

"Penginnya semua punya visi yang sama, pola kerja yang sama sehingga ya lapangannya terkuasai, masalah-masalah yang ada di kampung di masyarakat terkuasai baik oleh lurahnya, camatnya, wali kotanya, kepala seksinya, sudin yang ada," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, untuk dapat mengatasi segala permasalahan yang multikompleks di Ibu Kota, organisasi harus digerakkan. Apabila organisasi tersebut tidak digerakkan, maka masalah pun tidak akan terselesaikan.

Misalnya saja permasalahan yang terjadi di Jakarta Barat, seperti sampah-sampah yang menghambat saluran sungai kecil dan coret-coret di fasilitas publik.

"Tadi sudah saya ambilkan contoh-contoh di layar itu, kira-kira itu biar harus bergerak, jadi yang di bawah harus bergerak, lapangannya juga harus kelihatan, perubahannya juga harus kelihatan. Di sisi pelayanan dan fisiknya juga," kata Jokowi.

Pengarahan kepada Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) DKI di Jakarta Barat merupakan pengarahan kali pertama Jokowi. Ia juga telah memberi arahan kepada UKPD tingkat provinsi di Istora Senayan beberapa waktu lalu. Setelah Jakarta Barat, Jokowi berjanji akan mengelilingi seluruh wilayah Jakarta untuk memberikan pengarahan serupa.

"Saya belum muter-muter secara detail, nanti saya puterin lagi saya sampaikan lagi, puterin lagi, sampaikan lagi, supaya mengertilah masalah-masalah yang ada seperti yang sudah saya gambarkan di sini," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com